19 September 2008

Antivirus pada Flashdisk

Penggunaan flash disk sudah menjadi hal yang biasa saat ini. Penggunaan flash disk yang tidak terkontrol dapat menyebabkan komputer kita terinfeksi virus yang berasal dari komputer lain. Tahukah anda bahwa virus komputer juga bisa juga di deteksi lewat flash disk dengan menggunakan software antivirus portable.

Anda dapat menjalankan antivirus yang telah disimpan di flash disk meskipun software antivirus tersebut tidak ter-install pada komputer tersebut.

Ada beberapa aplikasi antivirus yang bisa dijalankan melalui flash disk, seperti misalnya: AntivirX, ClamWin yang bisa anda download di www.clamwin.com.

Setelah download dan disimpan pada flash disk, anda perlu membuat sebuah file yang akan menjalankan software antivirus pada flash disk tersebut secara otomatis ketika flash disk di colokkan ke komputer.

Untuk itu, silahkan buka program notepad dan ketikkan baris-baris perintah sebagai berikut:

[autorun]
Open=antivirus.exe
Action=Open Anti Virus Portable!
Icoo=icon.ico
Label=Your_Name. Kemudian simpan file tersebut pada flash disk dengan nama autorun.inf. Ketika menyimpan gunakan perintah [save as] dan typenya pilih [all files].

Pada baris ke 2 file autorun.inf, yang berisi perintah Open=antivirus.exe ganti dengan nama software antivirus yang tersimpan pada flash disk. Misalkan anda menggunakan clamwin.exe maka ganti antivirus.exe dengan clamwin.exe. Apabila file clamwin.exe tersebut tersimpan pada sebuah directory di flash disk, misalkan directory-nya adalah antivirus maka perintahnya menjadi “Open=antivirus\clamwin.exe”.

File autorun.inf ini sebaiknya disimpan dengan perintah “read only” agar hanya bisa dibaca dan tidak bisa diubah-ubah. Untuk menjadikan file tersebut read only caranya, klik kanan pada file autorun.inf kemudian pilih [properties]. Di bagian attributes kasih tanda centang pada [Read Only].

Cara menggunakan antivirus portable tersebut sebagai berikut:


1. Colok flash disk ke komputer.
Note: Jangan langsung membuka flash disk pada komputer agar virus tidak masuk ke flash disk atau sebaliknya.

2. Setelah flash disk tertancap di komputer, jalankan fungsi autorun dengan cara mengklik [ok] ketika kotak dialog box muncul pada komputer, dan antivirus portable itupun akan berjalan.

3. Software antivirus tersebut akan men-scan komputer. Tentu saja ini akan memakan waktu yang cukup lama apabila terdapat banyak file pada komputer tersebut.

4. Jika komputer tersebut ada virusnya, segera bersihkan. Atau cabut saja flash disk anda karena komputer tersebut jelas ada virusnya.

Catatan:
Anda bisa mencari software - software portable lainnya di openoffice.org. Software portable adalah software - software yang bisa dijalankan pada media bergerak bukan pada harddisk seperti misalnya flash disk, cd/dvd, memory card, dll. Situs lain yang menyediakan software - software portable adalah www.portableapps.com. Anda bisa menemukan firefox portable, Audacity portable, OpenOffice.org portable, dll. Juga anda bisa temukan di www.usbsoft.org, www.portablefreeware.com dan www.tinyapps.org

Comments :

0 komentar to “Antivirus pada Flashdisk”

Poskan Komentar

Silahkan Anda berkomentar, bertanya, memberi saran atau masukkan tentang posting ini.

 

Copyright © 2009 by Gratisan Banget